Lifestyle Financial [LSF] Checkup

ArRIJAL & Partners adalah Islamic Financial Planner dan Konsultan Syariah Independen [Spesialis Manajemen Keuangan & Pemasaran]

Founder AGUS RIJAL, S.E. (Abu Yusuf); RIJAL1807@Gmail.com
SMS/ Call Service 085105785577 (WA/ Telegram)

3 Sepertiga (HR Muslim no.2984)

Profil Pribadi

Abu Yusuf adalah nama lain Agus Rijal, ayah dari Maulana Yusuf Ibrahim dan Putri Sarah Auliya. Lahir di Riau (Batam) 18 Juli 1976. Anak ke-8 dari 9 bersaudara, putra pasangan (alm) Abdul Mu’ti Hafidurasyid Fathullah dan Salbijah. Sang Ayah (Abdul Fathullah) dikenal sebagai santri tebu ireng yang pernah mendapat bimbingan langsung dari pendirinya Kyai Hasyim Asy’ari yang juga pahlawan nasional dan pemersatu ulama dijamannya melalui ormas Nahdatul Ulama (NU).

Bimbingan sang ayah sejak usia 7 tahun untuk belajar Al Qur’an, dan sempat dilanjutkan dengan menjadi santri LTQ (Lembaga Tahfidz Qur’an) Habiburrahman (2002-2003), pimpinan ustz. Abdul Aziz Abdul Rauf, Lc, Al Hafidzh (Markaz Al Qur’an – Jakarta), menguatkan tekadnya mengembangkan ekonomi islam. Awal 2010 lalu, sempat dipercaya mengisi Kajian Islam Intensif (KII) Percikan Iman, pimpinan ustz. DR Aam Amirrudin, dalam kajian Merencanakan Keuangan ala Islam. Juga melalui radio umat K.H. Abdullah Gymnatsiar (Aa Gym) MQ 102,7 FM Bandung, menjadi narasumber utama talkshow Perencanaan Keuangan Syariah yang pertama mengudara di Indonesia. Aktfitasnya selain narasumber beberapa media, seperti H.U. Pikiran Rakyat, Tabloid Kontan, Eramuslim.com, MH 92,1 FM Solo, TV 9 Surabaya, dll, saat ini kiprahnya lebih banyak dicurahkan untuk mengembangkan konsultan syariah independen ArRIJAL & Partners,  (Financial & Marketing Management). Selain menggeluti perencanaan keuangan syariah, ArRIJAL & Partners juga konsultan manajemen untuk UMKM & Marketing Trainner (Pengajian Marketing™) 2002 – sekarang. Dari kegiatan pendampingan UMKM inilah mendirikan Pusat Kajian Ilmu-ilmu Terapan (PUSKIT)  ”Unit Kegiatan independen bagi Mahasiswa, Dosen, Praktisi/ Profesional”, dan aktif mengedukasi masyarakat secara informal melalui ArRIJAL College.

Tak sampai disitu, untuk menyatukan visi & misi dalam Pemberdayaan Ekonomi Syariah & Life Skill (Pendidikan Luar Sekolah), seluruh aktifitas sosial masyarakat tersebut dihimpun dalam ArRIJAL Foundation (Lembaga Swadaya Masyarakat untuk Pemberdayaan Ekonomi & Edukasi Masyarakat). Bahkan lebih spesifik lagi, dengan bekal pemahaman  tentang UNITLINK yang diperolehnya saat disertifikasi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dengan penasehat teknis Singapore College of Insurance 2005, serta pelatihan diploma financial planner yang digelar UBINUS, menggelorakan gerakan moral melalui Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesia Sadar Finansial Islami (Masyarakat INSAFI) dan menghimpun para perencana keuangan syariah melaui  Community of Shari’ah Financial Planner yang mendorong standarisasi (sertifikasi) Perencana Keuangan Syariah di Indonesia. Hal ini muncul seiring dengan keprihatinannya di saat lembaga keuangan syariah semakin berkembang di Indonesia, seperti perbankan syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah, namun perkembangan praktisi perencana keuangan syariah tidak signifikan. Faktanya belum ada data pasti mengenai jumlah perencana keuangan syariah di Indonesia.

Latar belakang pendidikannya di Fakultas Ekonomi Unpad Kajian Manajemen inilah membuat dirinya  tidak berhenti berkiprah dalam satu bidang saja, sebagai praktisi juga sempat menjadi akademisi (asisten dosen DR. Heni Iswati), yang mengantarkan dirinya berpartisipasi sebagai peserta Fokus Grup Diskusi (FGD)  penyusunan kurikulum PAAP Prog.Studi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Unpad (2004 & 2008). Berbekal pengalaman yang dimilikinya itulah, akhirnya menyusun beberapa kurikulum pelatihan, diantaranya Marketing for Your Life Style dan Course for Shari’ah Financial Planning (CSFP™).*

Keahlian (Current Skill & Capability)
1. Berpengalaman di pasar modal, investasi emas, asuransi, wirausaha, MLM, dll sesuai kebutuhan dalam bidang Perencanaan Keuangan (Syariah), meliputi; edukasi, konsultasi, dan rekomendasi.
2. Berpengalaman dalam bidang manajemen, manajemen keuangan & pemasaran, meliputi; edukasi, konsultasi, dan rekomendasi (studi kelayakan bisnis/ usaha) untuk program manajerial (konsep/ sistem & operasional), manajemen pemasaran & keuangan, pendirian lembaga keuangan mikro syariah (kecil & menengah)
3. Administratif & manajerial organisasi (perusahaan), meliputi rekrutmen, edukasi, motivasi, dan supervisi, serta kegiatan pengoperasionalan berbasis komputer
4. Penerbitan, meliputi materi (isi), tata letak (layout), pencetakan, manajemen (konsep dan operasional)
5. Menulis (artikel & buku) & mengajar, siaran on air (radio)

ArRIJAL & Partner’s Struktur
Bentuk hukum lembaga dibawah naungan PT SBU (Sportif GROUP) sebagai unit usaha konsultasi (konsultan). ArRIJAL & Partner’S bekerja sama juga dengan PT MKU (Management Consulting). ArRIJAL & Partner’S membina Lembaga Swadaya Masyarakat (ArRIJAL Foundation), hal ini dilatarbelakangi sejarah pendirian masyarakat madani. Ketika Rasulullah SAW dan para sahabatnya hijrah ke Madinah, maka yang dibangun hanya 2, yaitu: Masjid dan Pasar. Dari sinilah Masyarakat madani dibangun. Masjid dijadikan pusat pendidikan (tarbiyah), dijadikan pusat pemerintahan, juga dijadikan pusat ibadah. Sementara pasar dijadikan tempat untuk membangun ekonomi umat. Ekonomi Islam dalam Masyarakat Madani punya posisi tawar yang kuat. Hal inilah yang melatar belakangi pendirian foundation ini. Lembaga Swadaya Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan ekonomi dan pendidikan masyarakat. Seperti firman Allah Ta’ala dalam surat ke-3 (Ali ‘Imran) ayat 110 “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Dengan semangat Pemberdayaan Ekonomi (Syariah) & Pendidikan Luar Sekolah (Life Skill) , ArRIJAL Foundation juga berupaya mendorong institusi keuangan syariah (IFI; Islamic Financial Institution), karena secara tegas ekonomi Islam mengikat persaudaraannya secara keuangan melalui zakat, seperti firman Allah Ta’ala dalam surat ke-9 (At Taubah) ayat 11 “Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.

ArRIJAL Foundation: Lembaga Swadaya Masyarakat yang menampung dan mengelola kegiatan sosial. Foundation ini juga mensupport penuh aktifitas ArRIJAL College untuk pemberdayaan masyarakat berupa seminar/ workshop gratis, pendidikan & pelatihan bagi anak-anak & pemuda, siaran on air & off air (publikasi media massa: cetak, radio, televisi), dll
Ada 4 unit Kegiatan utama yang sedang digodok; 1. Inkubator Bisnis, 2. ArRIJAL College, 3. Rumah Bakat, 4. Pusat Kajian Ilmu-ilmu Terapan (Puskit)

ArRIJAL College: Salah satu bentuk kegiatan yang sudah dilakukan dengan seminar/ workshop pemberdayaan gratis, Kajian Intensif & Pelatihan Personal Financial Advisor dan Personal Selling. Dalam waktu dekat akan membangun Rumah Bakat untuk pendidikan anak usia dini. Kegiatan PAUD ini di support penuh oleh Foundation dalam ketersediaanya dana operasional.
College, selain mendukung kegiatan charity, juga mengembangkan kajian intensif dan pelatihan yang mengarah pada profesional dengan mengembangkan kurikulum pendidikan singkat (kursus):

Financial Advisor Course (Modules Covered)

Course of Curriculum;

1. Basic Concept for Shari’ah Financial Planning

(termasuk kajian holistik terkait Al Qur’an & Hadits untuk dasar-dasar perencanaan keuangan dalam islam, muamalah, dan ekonomi syariah, serta zakat sebagai fondasinya)

2. Sharia Financial Planning for Asset Management with 3Sepertiga

(termasuk kajian financial check up with 3 Sepertiga / menyusun laporan keuangan; neraca & cashflow pribadi, perencanaan waris/ estate planning, perencanaan asuransi, dll)

3. Sharia Financial Planning for Invesment

(termasuk kajian langkah-langkah menyusun perencanaan keuangan, menyusun goal (tujuan keuangan) serta implementasinya dengan menghitung dana pendidikan, pensiun, haji/ umrah, dll; dengan bersandar pada time value of money with gold standars. Juga perencanaan investasi, akad-akad syariah, mengenal instrumen & menilai investasi syariah, dll)

*Juga dikembangkan kurikulum berbasis Sales Concept with Shari’ah Financial Planning bagi profesional, dengan praktikum sebagai perencana keuangan syariah dalam menyusun perencanaan keuangan untuk ziswaf, asuransi, investasi, dll. Dengan sertifikat junior consulting

Personal Marketing Course (Modules Covered)
Sertifikat Course1 1. Marketing on Your Life Style (Personality Test William Marston’s)
2. Marketing Introduction (Product, Price, Place, Promotion)
3. Marketing versus Selling (Push Selling vs Needs Base Selling)
4. How to Sell (Sales Cycle & Consumer Behaviour Model)
5. Management, Organizational & Leadership (Entrepreneurship)
Bekerjasama dengan Lembaga/ instansi penyedia produk penunjang kegiatan, lembaga pemerintah serta institusi terkait dalam Marketing & Management, serta entrepreneurship.

Advertisements