Insurance Development Program (IDP) New! @2014

asuransi jiwa dalam syariat

Materi terbaru adalah tentang Insurance Development Program (materi ini bisa untuk end user/ masyarakat yang ingin mengetahui seputar asuransi, maupun kelompok/ komunitas/ lembaga/ perusahaan yang ingin menyelenggarakan asuransi secara mandiri –self insured dengan kerjasama BPJS Kesehatan, lengkap dengan petunjuk teknis dan penyelenggaraan);
Judul workshop” Hibah Bersama, Aman & Menentramkan (Takafuli; Taawun dalam Asuransi) modul 10; materi ini bisa dikembangkan secara tematik tentang Dana Darurat, menghitung Uang Pertanggungan Asuransi, Cara Asuransi Bekerja (Kesehatan). Cara memilih produk asuransi, dll

Sebagai bentuk peningkatan layanan bagi masyarakat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuka ruang seluasnya bagi peserta untuk mendapatkan manfaat lebih (khususnya dalam hal manfaat non medis) melalui skema koordinasi manfaat atau coordination of benefit (CoB) dengan perusahaan asuransi komersial. Selain tertuang dalam Pasal 28 Peraturan Presiden No 111 Tahun 2013, skema COB ini diharapkan akan meningkatkan pelayanan bagi peserta yang mampu membayar lebih.

Prinsip COB BPJS Kesehatan ini adalah koordinasi manfaat yang diberlakukan bila peserta BPJS Kesehatan membeli asuransi kesehatan tambahan dari Penyelenggara Program Asuransi Kesehatan Tambahan atau Badan Penjamin lainnya yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan nantinya akan menjamin biaya sesuai tarif yang berlaku pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sedangkan selisihnya akan menjadi tanggung jawab asuransi komersial selama sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku.

Administration Service Only (ASO)
ASO adalah layanan kesehatan bagi perusahaan atau kelompok group sebagai alternatif lain selain dari program Asuransi kesehatan. Produk ini merupakan Jasa Administrasi yang banyak diminati oleh perusahaan yang biasa mengelola sendiri dana kesehatannya.
ASO (Administrative Services Only) – An arrangement in which an employer hires a third party (TPA) to deliver administrative services to the employer such as claims processing and billing; the employer bears the risk for claims.

ASO (Pelayanan Administrasi Only) – Sebuah pengaturan di mana perusahaan peserta menyewa pihak ketiga untuk memberikan pelayanan administrasi kepada perusahaan peserta seperti pengolahan klaim
dan penagihan; perusahaan peserta menanggung risiko klaim dan kesepakatan jasa lainnya.

JASA ADMINISTRASI KESEHATAN
1.Pada awal masa berlakunya perjanjian kerja sama jasa administrasi kesehatan dengan pengelola ASO maka perusahaan akan membayar biaya pengelolaan jasa administrasi sesuai dengan kesepakatan per peserta per tahun
2.Peserta yang mengundurkan diri dalam tahun berjalan, biaya pengelolaan jasa administrasi kesehatannya tidak dapat dikembalikan
3.Pencantuman logo perusahaan pada kartu jasa administrasi kesehatan harus memenuhi ketentuan minimal jumlah kartu

REKENING BERSAMA
1.Pada awal masa berlakunya perjanjian kerja sama jasa administrasi kesehatan dengan pengelola ASO maka perusahaan wajib menempatkan dana deposit sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui oleh kedua belah pihak
2.pengelola ASO akan membuka rekening bersama pada bank yang ditunjuk untuk penempatan dana deposit dengan jumlah tertentu dari perusahaan
3.Dana deposit yang telah disetorkan oleh perusahaan akan digunakan oleh pengelola ASO untuk membayar klaim kepada provider sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati
4.Apabila jumlah dana yang tersisa ternyata lebih kecil atau sama dengan batasan/limit deposit yang disepakati maka pengelola ASO akan menerbitkan pemberitahuan kepada perusahaan yang bersangkutan untuk mengisi kembali dana depositnya seperti sedia kala
5.Pada akhir masa perjanjian kerja sama pengelola ASO akan mengembalikan sisa dana deposit kepada perusahaan

ASO merupakan produk alternatif lain selain Asuransi dalam mengelola administrasi layanan kesehatan bagi para karyawan dalam suatu perusahaan. Produk ASO banyak diminati oleh perusahaan yang biasanya mengelola sendiri dana kesehatannya tapi tidak banyak waktu dan tenaga ahli dalam menangani proses pengelolaan klaim dan penanganan kesehatan karyawannya. Dengan latar belakang permasalahan tersebut, maka produk ASO memberikan solusi dengan cara :

1. ASO mengambil alih semua proses pengelolaan klaim dan penanganan kesehatan karyawan beserta keluarganya dengan sangat baik agar perusahaan dapat fokus dalam inti bisnisnya
2. ASO menawarkan biaya yang sangat bersahabat dan kompetitif
3. ASO memberikan laporan proses pengelolaan klaim dan pembayaran dengan sangat detail dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
4. ASO dapat langsung membayarkan klaim ke rekening perushaan atau dapat langsung membayarkan ke rekening karyawan jika dikehendaki oleh perusahaan
5. ASO memberikan kartu kepada setiap peserta sebagai identitas
6. ASO sangat fleksibel dalam menentukan tingkat manfaat karyawan berdasarkan budget perusahaan

CoB SK Direksi 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s